Jakarta( FANLOGERR)- Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Indonesia ialah negeri pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia, buat itu pelakon ekonomi kreatif( ekfraf) serta UMKM bisa menghasilkan konten- konten unik serta menarik buat dan mempromosikan produknya lewat platform digital ataupun media sosial ini.
" Para pelakon UMKM manfaatkan fitur- fitur menarik buat dapat memasarkan produknya di TikTok semacam TikTok shop,” ucapnya lewat penjelasan tertulis di Jakarta, Sabtu.
Mengacu laporan Hootsuite( We are Social) per Februari 2022, lanjut Sandi, tiap orang di Indonesia memakai internet dengan waktu rata- rata sepanjang 8 jam 36 menit per hari, serta memakai media sosial sepanjang 3 jam 17 menit.
" Sedangkan itu, bersumber pada laporan survei Populix bertajuk The Social Commerce Landscape in Indonesia, sebanyak 45 persen responden memakai TikTok Shop dalam berbelanja dibanding dengan WhatsApp, Instagram Shopping, serta Facebook Marketing. Tren social commerce diramalkan hendak terus menjadi menanjak pada tahun 2023 mengalahkan e- commerce konvensional, pengguna internet hendak terus menjadi kerap memakai platform social media, tercantum TikTok Shop ini buat berbelanja,” paparnya.
Menparekraf pula mendesak supaya para content creator bisa menghasilkan konten- konten yang unik serta menarik, dan mempromosikan zona pariwisata serta ekonomi kreatif di daerahnya dalam rangka menunjang sasaran 1, 4 miliyar pergerakan turis dalam negeri di tahun 2023.
Sandiaga ikut memperkirakan pasar industri content creator di Indonesia diperkirakan bisa menggapai Rp4 triliun sampai Rp7 triliun, serta nilainya hendak bertambah 5 kali lipat pada tahun 2027.
" Kami dari Kemenparekraf siap bekerjasama yang lebih konkret dengan Digital Hub dalam memajukan ekosistem ini, pula tercantum bersama menyongsong investor di zona parekraf,” kata Sandiaga.